Konstipasi Pada Anak

Konstipasi Pada Anak – Konstipasi merupakan suatu masalah pencernaan yang bisa terjadi pada sipapun. Konstipasi bisa juga di kenal dengan susah buang air besar, atau buang air besar yang tidak teratur dan tidak bisa sama sekali melakukan buang air besar. Konstipasi bisa terjadi pada orang dewasa atau juga bisa terjadi pada anak anak. biasa nya konstipasi terjadi karena pola makan yang tidak sehat, seperti makanan yang instan atau makanan yang tidak memiliki serat, sehingga fases sulit untuk di keluarkan. Konstipasi bisa terjadi sesaat karena pengaruh makanan yang baru di makan, atau bisa juga terjadi dalam waktu yang lama seperti memakan waktu hingga berhari hari.

konstipasi

Gejala Konstipasi pada anak

Konstipasi merupakan kesulitan buang air besar dalam tahap yang serius, karena susah buang air besar yang  umum di alami pada orang normal kebanyakan. Konstipasi menimbulkan gejala awal yang dapat anda ketahui, sebagai berikut :

  • Saat buang air besar maka fases akan mengeras, dan terlihat kering
  • Fases juga akan sulit di keluarkan karena berukuran besar
  • Saat setelah buang air besar akan mengalami perasaan kurang tuntas, seperti gejala pada penyakit ambeien
  • Gejala konstipasi pada anak juga akan merasakan sakit perut atau keram perut
  • Perut akan terasa kembung
  • Mual dan muntah juga akan di alami ketika konstipasi pada anak
  • Nafsu makan akan hilang
  • Mengeluarkan bercak seperti cairan pada celana juga akan terjadi konstipasi pada anak
  • Tubuh akan lemas
  • Konstipasi pada anak juga akan membuat anak sering menangis atau rewel

Penyebab konstipasi pada anak

  • Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk merupakan penyebab konstipasi pada anak. anak anak suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, atau membeli makanan sembarangan ketika di sekolah. Makanan yang menjadi penyebab konstipasi pada anak, bisa seperti makanan instan atau junk food. dan orang tua kurang memberikan asupan makanan seperti sayur dan juga buah.

  • Kurang minum

Anak anak cenderung akan lupa makan atau minum ketika sedang asik bermain. Karena kurang minum sehingga memicu konstipasi pada anak. karena kurang minum juga akan menghambat sistem pencernaan.

  • Menahan buang air besar

Ketika sedang bermain juga banyak anak anak akan menahan buang air besar. Terlebih jika sedang bermain di luar rumah, sehingga malas untuk pulang kerumah hanya untuk buang air besar. Dan ketika buang air besar maka membuat fases akan mengering, sehingga menimbulkan konstipasi pada anak.

  • Kecemasan

Anak anak juga dapat merasakan cemas, atau bahkan bisa depresi. Biasa nya kecemasan pada anak anak karena orang tua, terlalu menekan untuk mendapatkan prestasi yang baik di sekolah, sehingga anak anak akan khawatir untuk nilai yang akan di dapatkan. Karena anak anak memiliki beban pikiran, sehingga dapat menimbulkan stress. Dan pada saat stress juga dapat menimbulkan konstipasi pada anak.

  • Penyempitan usus

Usus mengalami penyempitan usus juga dapat membuat konstipasi pada anak. penyempitan usus bisa di sebabkan oleh banyak hal, diantara nya adalah kelainan dari lahir, terkena radiasi pada saat kehamilan, dan masih banyak faktor lagi yang menjadi penyebab usus menyempit. Jika konstipasi pada anak sebaik nya harus segera di tangani, karena penyempitan usus bisa mengakibatkan kematian.

Cara mencegah konstipasi pada anak

  • Berikan asupan cairan yang cukup

Karena anak anak suka lupa dalam hal makan atau minum ketika sedang asik bermain, sebaik nya sebagai orang tua memiliki inisiatif untuk mengingatkan atau membawakan minuman pada anak, sehingga anak tidak kekurangan asupan cairan.

  • Olahraga

Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu olahraga, namun anak anak juga harus olahraga. anda bisa mengajak olahraga anak anak ketika pada hari libur di taman bermain sekitar rumah, atau ke tempat wisata. Olahraga juga membuat perkembangan tumbuh anak menjadi lebih baik ketika besar nanti, tulang nya juga akan kuat jika rutin melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, berlari pagi dengan melakukan permainan estafet juga sudah cukup, hal ini juga  dapat menambah kedekatan anda dengan anak semakin erat.

  • Berikan makanan teratur

Makan dengan teratur juga bisa mencegah konstipasi pada anak. anak anak juga harus makan dengan teratur agar tidak mengalami konstipasi pada anak. anda bisa membawakan anak bekal makan setiap pergi ke sekolah, dan juga selalu memberikan makanan yang sehat ketika sedang di rumah.

  • Berikan makanan mengandung serat

Makanan yang mengandung serat bisa anda dapatkan dari buah ataupun sayur. tetapi terkadang anak anak juga tidak suka dengan makanan yang terdapat sayur. Namun anda bisa mencari cara agar anak anda ingin memakan sayur dan juga buah. Karena buah dan sayur dapat mencegah konstipasi pada anak.

  • Mengajari anak untuk ke toilet

Karena penyebab konstipasi pada anak bisa di kerenakan kebiasaan menahan buang air besar, maka anda bisa memberikan penjelasan pada anak agar tidak suka menahan buang air besar, dan membuat toilet nyaman seperti, membelikan peralatan toilet dan juga peralatan mandi dengan memiliki gambar tokoh animasi yang di sukai anak.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Konstipasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *