Konstipasi (Susah Bab)

Konstipasi (Susah Bab) – Konstipasi merupakan masalah kesehatan pada pencernaan yang tidak sedikit orang mengalaminya. konstipasi atau yang sering dikenal susah bab adalah keadaan dimana tubuh tidak dapat buang air besar dengan lancar. Buang air besar yang normal terjadi satu hari sekali tetapi apabila terjadi konstipasi maka buang air besar tidak tertentu atau bisa beberapa hari sekali. Seseorang telah dinyatakan konstipasi apabila mengalami susah bab diatas 3 hari atau bahkan yang parah bisa seminggu mengalami konstipasi. Konstipasi bisa dikarenakan oleh kram usus, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik untuk mengeluarkan makanan yang telah di cerna dan menjadi ampas. Kondisi seperti ini tidak baik, sebab tubuh menyimpan kotoran yang seharusnya di buang. Bakteri di dalam usus atau pencernaan dapat berkembang apabila mengalami konstipasi. Konstipasi bisa terjadi oleh siapa pun, tetapi lebih banyak ditemui dari kalangan orang lanjut usia, dan juga dari kalangan wanita. Maka dari itu menjaga pencernaan dengan baik agar tidak mengalami konstipasi.

Penyebab Konstipasi (Susah Bab)

susahbabb

Konstipasi (Susah Bab) bisa terjadi karena banyak faktor, karena itu tidak sedikit orang yang mengalaminya. ada yang mengalami konstipasi jangka singkat dan ada juga berlangsung lama. maka dari itu dibawah ini beberapa faktor penyebab konstipasi (Susah Bab) sehingga dapat mengobati dengan tepat dan juga dapat mencegahnya. Berikut penyebab konstipasi (Susah Bab) :

  • Asupan makanan kurang serat

Penyebab konstipasi (Susah Bab) bisa dikarenakan oleh asupan makanan yang di konsumsi kurang mengandung serat. serat dari makanan lebih mudah di cerna, dan proses pembuangannya pun lebih mudah. karena itu apabila kurang makan makanan berserat bisa menyebabkan sulit di buang dan mengakibatkan konstipasi sebab feses yang terlalu lambat keluar dari usus besar.

  • Sering menahan buang air besar

Penyebab konstipasi (Susah Bab) juga bisa disebabkan oleh kebisaan menahan buang air besar. keinginan untuk buang air besar yang belum terlalu parah atau masih bisa ditahan biasanya tidak akan langsung di buang atau diabaikan. Dikarenakan situasi tertentu atau pun dikarenakan malas ke toilet. Kebiasaan seperti ini tidak baik karena feses atau tinja di dalam usus besar tidak dapat berjalan dengan baik ke luar tubuh, dan feses akan mengeras. Maka dari itu akan sulit untuk di buang karena keras.

  • Kurang olahraga

Terjadinya konstipasi (Susah Bab) bisa dikarenakan juga karena kurang olahraga. Usus besar atau organ pencernaan bisa tidak berfungsi dengan baik karena kurang gerak atau kurang olahraga, dan mengakibatkan kram usus. Kondisi ini lama kelamaan akan menyebabkan konstipasi. Keinginan untuk buang air besar akan menghilang dan feses akan keras ketika ingin dikeluarkan.

  • Obesitas

Seseorang yang lebih berisiko untuk sering mengalami konstipasi (Susah Bab) juga ialah orang yang mengalami obesitas. Karena makan makanan berlemak, makanan yang terlalu berlebihan serat seperti daging juga tidak baik jika di konsumsi terlalu sering dan berlebihan sebab hal ini akan menyebabkan konstipasi karena organ pencernaan membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan tersebut.

  • Stress

Faktor risiko terjadinya konstipasi (Susah Bab) juga bisa dikarenakan oleh stress. Seseorang yang mengalami stress biasanya akan mengalami konstipasi (Susah Bab). Sebab fungsi beberapa organ tubuh termasuk organ pencernaan pun bisa menurun karena disebabkan oleh psikologis yang kurang baik karena stress atau pun depresi.

  • Efek samping obat

Jika sedang mengkonsumsi obat obatan jangka panjang lalu mengalami konstipasi (Susah Bab) maka ada kemungkinan jika konstipasi dikarenakan efek samping dari obat obatan yang digunakan. Karena ada efek samping dari obat yang bisa menyebabkan organ pencernaan melemah fungsinya sehingga dampaknya akan menyebabkan konstipasi.

  • Gangguan kesehatan tertentu

Konstipasi (Susah Bab) juga bisa dikarenakan oleh gangguan kesehatan tertentu. Sedang menderita suatu penyakit tertentu bisa mengakibatkan penderitanya mengalami susah buang air besar. gangguan kesehatan yang sering menyebabkan konstipasi  ialah diabetes, prolaps rektum, penyumbatan atau penyempitan usus, kanker usus besar, stroke, penyakit Parkinson, cedera saraf tulang belakang, hipotiroidisme, serta hipertiroidisme.

Mengatasi Konstipasi (Susah Bab)

Mengalami konstipasi (Susah Bab) jangka panjang tidak baik, sebab tumpukan kotoran di dalam tubuh tidak baik untuk kesehatan tubuh. untuk itu mengatasi konstipasi (Susah Bab) bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini :

  • Mengatasi konstipasi (Susah Bab) yang pertama bisa dengan minum air mineral yang banyak. sebagian besar orang mengalami konstipasi (Susah Bab) karena feses keras dan sulit untuk dikeluarkan. Karena itu minum air mineral untuk mendorong dan juga mengurangi kekerasan feses sehingga masih dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah.
  • Tidak hanya minum, makanan juga membantu mengatasi konstipasi (Susah Bab). Bisa makan sayuran dan buah lebih banyak, karena serat yang di miliki sayuran dan buah cukup untuk membantu melancarkan feses untuk keluar tubuh.
  • Olahraga juga salah satu upaya mengatasi konstipasi secara alami yang dapat dilakukan sehingga feses akan lebih mudah dan lancar dikeluarkan oleh tubuh. maka dari itu jangan malas untuk olahraga agar tidak ada gangguan pencernaan. (By:RM)

Konstipasi (Susah Bab)


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Konstipasi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *