Masalah Konstipasi

Masalah Konstipasi – Pengertian konstipasi atau sembelit adalah kondisi atau keadaan seseorang yang tidak bisa buang air besar dengan teratur atau justru malah tidak bisa buang air besar sama sekali. Bisanya banyak orang yang sering mengalami hal ini. Seperti tinja anda yang mengeras dan dapat dengan ukuran tinja yang sangat besar atau sangat kecil.

Tingkat keseriusan pada penyakit konstipasi atau sembelit ini juga sangat berbeda-beda pada setiap penderitanya. Ada beberapa orang yang mengalami masalah konstipasi dalam waktu yang singkat, akan tetapi ada juga sebagian orang yang mengalaminya dalam waktu jangka panjang atau kronis. Biasanya masalah konstipasi jangka panjang akan menimbulkan rasa sakit serta rasa ketidaknyamanan yang dapat mengganggu dan mempengaruhi aktifitas anda sehari-hari.

Masalah Konstipasi

Masalah Konstipasi

Penyebab Konstipasi

Masalah konstipasi atau sembelit adalah salah satu jenis penyakit yang sangat umum  terjadi di kalangan masyarakat. Penyakit ini dua kali lebih banyak dirasakan oleh pria dan wanita, terutama pada wanita yang sedang dalam kehamilan. Selain itu konstipasi juga lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut (manula).

Normalnya, tinja yang terdapat di dalam usus akan didorong dengan kontraksi otot usus. Air dan garam pada usus besar  akan diserap kembali karena sangat penting bagi tubuh. pada saat usus besar menyerap terlalu banyak air, atau juga kontraksi dari otot usus besar melambat sehingga tinja akan menjadi keras dan kering. Maka pergerakan usus besarpun akan menjadi terlalu lambat.

Untuk anda juga pernah atau sedang mengalami masalah konstipasi jika otot yang digunakan untuk menggerakkan usus tidak bisa berfungsi secara benar. Dan masalah ini sering disebut dengan anismus.

Ada Beberapa Faktor Penyebab Konstipasi atau sembelit, Antara lain :

  1. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi
  2. Kekurangan serat makanan sehingga susah buang air besar
  3. Kurangnya aktifitas fisik seperti olahraga (khususnya pada orang tua)
  4. Irritable bowel syndrome
  5. Sedang mengalami jenis penyakit tertentu
  6. Sering menggunakan atau salah penggunaan obat pencahar
  7. Memiliki penyakit tertentu, seperti penyakit stroke, diabetes, parkinson’s diverculosis dan thyroid disease
  8. Terjadi masalah pada usus besar dan dubur seperti sedang mengalmi penyumbatan usus atau diverticulosis.
  9. Sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  10. Gangguan hormon, seperti tidak aktifnya kelenjar tiroid
  11. Terjadi kerusakan pada kulit dubur dan ambeien
  12. Hilangnya kadar garam yang terdapat di dalam tubuh manusia karena mengalami muntah atau diare
  13. Cedera pada syaraf tulang belakang, yang dapat mengakibatkan pada usus.

Pada kasus konstipasi atau sembelit yang langka, penyakit konstipasi dapat menjadi tanda bahwa anda sedang mengalami kondisi medis kesehatan yang serius, seperti mengalami kanker usus besar, gangguan hormon atau gangguan pada sistem autoimun. Pada anak-anak, penyakit konstipasi dapat mengindentifikasikan hirshsprung disease atau kondisi hilangnya sel syaraf bawaan sejak lahir.

sembelit (1)

Konstipasi

Selain itu ada juga faktor yang dapat mengakibatkan orang tersebut memiliki resiko terkena penyakit kosntipasi atau sembelit, anda akan sangat berpeluang terkena konstipasi jika :

  • Orang yang lanjut usia (manula)
  • Posisi duduk yang terlalu lama secara terus-menerus
  • Tinggal di tempat tidur (ketika akan bersalin)
  • Mengkonsumsi makanan yang rendah serat
  • Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi)
  • Sedang dalam penggunaan obat-obatan tertentu, termasuk sedatives, narkotik atau juga pengobatan tertentu untuk menurunkan tekanan darah
  • Dan juga orang yang sedang menjalankan terapi kemoterapi.

Pada umumnya kaum wanita akan lebih sering mengalami konstipasi di bandingkan dengan laki-laki dan anak-anak yang lebih sering mengalami masalah konstipasi dari pada orang dewasa. Dan jika saat ini anda  sedang hamil, kemungkinan anda akan mengalami kostipasi karena terjadinya perubahan hormon. Setelah melahirkan, maka tekanan pada usus anda dari uretus yang membesar juga dapat menyebabkan anda mengalami konstipasi.

Jika sudah mengalami konstipasi maka langkah yang harus anda lakukan yaitu melakukan pengobatan konstipasi dengan cara alami dan juga tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh anda. Lalu pengobatan konstipasi seperti apa yang aman dan juga menyehatkan? Berikut penjelasannya.

Pengobatan Konstipasi

Wortel

Tumbuhan jenis umbian ini dikenal sebagai makanan yang dapat menyehatkan mata ternyata juga mampu untuk mengobati masalah sembelit. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan ambillah dua batang wortel, lalu parut hingga halus dan tambahkan 2 sendok makan air dan peras. Lalu tambahkan sedikit garam,  kemudian aduk hingga merata dan minum air perasan wortel tersebut 2 kali dalam sehari.

Daun Pandan Wangi

Daun pandan wangi selain dapat dimanfaatkan sebagai pewangi masakan, ternyata daun pandan wangi juga sangat bermanfaat apabila digunakan sebagai obat alternatif  untuk mengatasi masalah konstipasi. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan menumbuk daun pandan hingga halus, kemudian tambahkan setengah gelas air. Lalu peras dan ambil airnya, kemudian tambahkan sedikit garam dan gula aren. Lalu anda dapat meminum ramuan konstipasi ini setelah makan malam.

Itulah penjelasan tentang masalah konstipasi atau sembelit, penyebab konstipasi dan juga poengobatan konstipasi yang dapat anda pelajari, sehingga apabila anda ataupun salah satu keluarga anda mengalaminya, akan segera dapat diatasi dengan mudah.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Konstipasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *