Penyakit Konstipasi Atau Sembelit

Penyakit konstipasi atau sembelit merupakan suatu kelaianan pada sistem pencernaan yang ditandi dengan sulitnya buang air besar. Konstipasi biasa terjadi karena adanya proses penyerapan air yang cukup tinggi di dalam usus sehingga feses menjadi kering dan keras. Penyebab utama konstipasi adalah kebiasaan untuk menahan-nahan atau menunda-nunda buang air besar dan kurang memakan-makanan berserat. Konstipasi yang kronis dapat memicu terjadinya hemaroid.

Konstipasi dapat dihindari dengan berbagai cara. Misalnya dengan cara memakan makanan berserat, seperti sayur-sayuran, dan buah-buahan, banyak minum air, dan tidak menahan-nahan buang air besar.

Konstipasi kronis jarang terjadi biasanya secara sekunder disebabkan oleh kelainan anatomi atau patofisiologinya abnormal : kadang-kadang sebagai kelanjutan dari penanganan konstipasi akut yang belum tuntas. Kesukaran buang air yang terus menerus mengakibatkan tinja menjadi mengeras. Anak usia 1-4 tahun yang mendapat doot rendag serat dengan frekuensi buang air besar mula-mula 1-2 kali sehari dapat berubah menjadi sekali dalam 2 hari.

Pengobatan yang paling sederhana untuk mengatasi konstipasi adalah dengan minum air putih 8-10 gelas sehari dan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan yang mengandung banyak serat untuk memperlancar pencernaan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Konstipasi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>