Penyebab Konstipasi

Konstipasi adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat buang air besar. Walaupun tidak ada ketentuan berapa kali seseorang buang air besar, tetapi wajarnya seseorang buang air besar adalah 3 hari sekali atau 3 kali seminggu. Penyebab konstipasi dapat disebabkan dari bebearapa hal.

Banyak orang mengira penyebab utama konstipasi adalah kurangnya serat. Padahal banyak yang menjadi penyebab timbulnya sembelit yaitu kurang gerak, efek samping, obat-obatan tertentu sampai adanya gangguan seperti usus terbelit, usus tersumbat sampai kanker usus, menahan keinginan buang air besar sehingga feses menjadi lebih keras. Banyak orang mengira penyebab utama konstipasi adalah kurangnya serat. Padahal banyak yang menjadi penyebab timbulnya sembelit.

Berikut faktor penyebab konstipasi, diantaranya adalah :

1. Kurangnya cairan
Minumlah air putih 8 gelas sehari karena bila kekurangan cairan bisa menyebabkan tinja menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan.

2. Cokelat
Kurangi konsumsi cokelat karena cokelat bisa menyebabkan sembelit.

3. Kehamilan dan persalinan
Konstipasi salah satu masalah yang sering terjadi pada ibu hamil. Biasanya keadaan ini masih akan terus berlanjut pasca persalinan. Ganguan BAB ini terjadi karena melemahnya otot-otot perut atau efek samping dari obat pereda nyeri.

4. Teralu banyak mengkonsumsi daging
Kurangnya pola makan yang mengandung serat dan sering mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, telur, keju bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Karena itu perbanyaklah mengkonsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan.

5. Vitamin
Vitamin secara umum tidak akan menyebabkan konstipasi, tetapi hanya beberapa jenis komponen seperti kalsium dan zat besi bisa jadi pemicu.

6. Pereda nyeri dan antidepresan
Menurut penelitian, Banyak orang mengalami sembelit adalah orang yang menggunakan obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Konstipasi juga terkait dengan antidepresan golongan serotonin reuptake inhibitir (SSRI).

7. Hipotiroid
Hipotoroid atau tidak aktifnya kelenjar tiroid akan memperlambat proses metabolik tubuh dan usus. Tidak semua penderita hipotiroid akan mengalami konstipasi namun biasanya dokter akan meminta pasien konstipasi kronik untuk mengecek kadar tiroidnya.

8. Diabetes
Diabetes yang tidak dikendalikan bisa menyebabkan kerusakan saraf yang berpengaruh pada kemampuan tubuh mencerna makanan.

9. Tidak rajin berolahraga
Kurang bergerak juga bisa menyebabkan timbulnya konstipasi. Lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari

8. Diabetes
Diabetes yang tidak dikendalikan bisa menyebab kerusakan saraf yang berpengaruh pada kemampuan tubuh mencerna makanan.

9. Kurang olahraga
Gaya hidup kurang bergerak juga bisa memicu konstipasi. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

Dan dampak penyakit konstipasi bisa menurunkan kemampuan kerja dan dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan kanker kolon. Sebagian terkait dengan penyakit anorektal (wasir, fisura anus) dan penggunaan obat pencahar yang salah.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Lancar BAB Membantu Mengatasi Gangguan Susah Buang Air Besar (BAB) atau Sembelit / Konstipasi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Konstipasi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>